Beranda | Artikel
Perkara-Perkara yang Diperkirakan Termasuk Dosa Besar - Bagian ke-2 - Kitab Al-Kabair (Syaikh Prof. Dr. Abdur Razzaq Al-Badr)
Minggu, 12 April 2015

Bersama Pemateri :
Syaikh `Abdurrazzaq bin `Abdil Muhsin Al-Badr

Ceramah agama dan kajian Islam dengan pembahasan kitab Al-Kabair oleh: Syaikh Prof. Dr. ‘Abdur Razzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-‘Abbad Al-Badr
Penerjemah: Ustadz Abu ‘Abdil Muhsin Firanda Andirja, M.A.

Pembahasan dalam Rekaman Kajian Kitab Al-Kabair Ini: Perkara-Perkara yang Diperkirakan Termasuk Dosa Besar (Bagian ke-2)

Tatkala Imam Adz-Dzahabi rahimahullah selesai menyebutkan dosa-dosa besar beserta dalil-dalilnya, maka di akhir kitab Al-Kabair beliau menyebutkan sebuah pasal yang mengumpulkan dalil-dalil yang di dalamnya terdapat ancaman-ancaman terhadap amalan atau perbuatan-perbuatan tertentu. Yang mungkin saja perbuatan-perbuatan tersebut termasuk dosa besar. Di antara dalil-dalil tersebut adalah:

Imam Al-Hakim menshahihkan sebuah hadits dari Abu Khiras As-Sulami bahwa ia telah emndengar dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ هَجَرَ أَخَاهُ سَنَةً فَهُوَ كَسَفْكِ دَمِهِ

“Barangsiapa yang mendiamkan saudaranya (hajr) selama setahun, maka ia seolah-olah telah menumpahkan darahnya (telah membunuhnya).” (HR Al-Hakim juz 4 hal 123)

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِنَّ الرَّجُلَ لَيَتَكَلَّمُ بِالْكَلِمَةِ مِنْ سَخَطِ اللهِ لَا يُلْقِي لَهَا بَالًا يَهْوِي بِهَا فِي جَهَنَّمَ

Simak selengkapnya penjelasan dari hadits-hadits tersebut di dalam rekaman kajian Syaikh Abdurrazaq berikut ini.

Dengarkan dan Download Seri Kajian Kitab Al-Kabair – Syaikh ‘Abdur Razzaq: Perkara-Perkara yang Diperkirakan Termasuk Dosa Besar (Bagian ke-2)

Jangan lupa untuk turut menyebarkan kebaikan dengan membagikan link download kajian ini ke Facebook, Twitter, dan Google+ kita. Semoga Allah Ta’ala membalas kebaikan kita semua.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/12864-perkara-perkara-yang-diperkirakan-termasuk-dosa-besar-bagian-ke-2-kitab-al-kabair-syaikh-prof-dr-abdur-razzaq-al-badr